Selasa, 26 Maret 2024

EKONOMI MIKRO:OBJEKTIF DAN MARKET STRUKTUR

Tujuan perusahaan

Perusahaan adalah pemaksimal keuntungan sehingga tujuan utama mereka adalah tujuan keberadaan mereka. Maksimalisasi keuntungan merupakan tujuan utama bagi hampir semua perusahaan. Tujuan perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan dan itulah yang akan menjadi kasus bagi sebagian besar perusahaan dalam hal apa mereka ingin mencapainya, namun mungkin ada beberapa tujuan lain yang mungkin juga dimiliki oleh perusahaan di luar atau di samping tujuan tersebut, sehingga salah satu tujuan tersebut mungkin hanya sekedar kelangsungan hidup, sehingga hal ini mungkin akan terjadi pada perusahaan start-up yang lebih kecil. 

Hanya melihat untuk melewati tahun pertama, dua tahun pertama mereka tidak terlalu memikirkan untuk memaksimalkan keuntungan yang mereka hasilkan, mereka hanya berpikir untuk melewati beberapa minggu ke depan, bulan atau tahun, mungkin mencapai titik impas bahkan sebelum mereka mencapai titik impas mulai berpikir tentang keuntungan mungkin juga terjadi pada perusahaan yang berada dalam krisis yang cukup signifikan sehingga jika ada faktor eksternal seperti pesaing atau situasi ekonomi yang berdampak besar pada perusahaan, mereka mungkin akan berusaha bertahan dalam jangka pendek.

Kelangsungan hidup - perusahaan rintisan atau perusahaan kecil yang berada dalam krisis mungkin hanya fokus untuk bertahan hidup.

Pertumbuhan - ekspansi melalui pengambilalihan/merger atau pertumbuhan pendapatan mungkin mengorbankan pemaksimalan keuntungan.

Pangsa pasar – fokus jangka pendek pada pesaing yang lebih unggul dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar dalam jangka panjang. Tujuan yang berbeda akan berdampak pada perilaku perusahaan dalam pasar.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

TRANFORMASI DIGITAL Proses transformasi digital yang saya alami dimulai ketika saya mulai menggunakan teknologi lebih sering dalam kehidupan...